Rabu, 28 Mei 2008

Erwin Rommel "The Desert Fox"

Erwin Rommel adalah salah satu jenderal terhebat yang dimiliki oleh Jerman pada PD II.Lahir pada tanggal 15 November 1891 di Heidenhein, sekitar 45 Km dari kota Ulm, Jerman. Sebenarnya cita cita masa kecil Rommel menjadi seorang insinyur. Pada umur 14 tahun, ia dan seorang rekannya berhasil membuat pesawat glider dalam skala utuh dan berhasil menerbangkannya walaupun dalam jarak yang sangat pendek.Namun ternyata pada tahun 1910 Rommel merubah sikap dan memilih bergabung dengan Resimen Infantry 124 Wuttemberg dengan jabatan Kadet dan dikirim untuk bersekolah di Danzig. Ia lulus pada tahun 1911 dan setahun kemudian pangkatnya dinaikkan menjadi Letnan.

Pada tahun 1940 , Rommel mendapat jabatan sebagai komandan 7th Panzer Division yang kemudian mendapat julukan Gespenster Division atau Ghost Division. Disebut demikian karena divisi ini terkenal sangat mobile dan sering melakukan serangan tak terduga. Divisi ini merupakan salah satu divisi yang pertamakali mencapai English Channel pada 10 Juni dan mencapai Cherbourg sembilan hari kemudian.

Awal 1941 Rommel dikirim ke Libya dengan tugas membenahi mental pasukan Italia yang babak belur dihajar sekutu.Dibawah kepemimpinan Rommel, pasukan Axis yang kelak terkenal dengan sebutan “Afrika Korps” ini berhasil mencapai kemenangan yang luar biasa diantaranya berhasil memukul mundur gerak maju pasukan Inggris sampai ke Mesir.

Rommel meninggal pada 14 November 1944 setelah ia dipaksa bunuh diri dengan menelan pil sianida. Ada dugaan Rommel terlibat konspirasi dalam upaya pembunuhan Hitler yang dilakukan oleh Kolonel Stauffenberg. Ia dikebumikan di Heerlingen, dekat kota Ulm.

Tidak ada komentar: